1/12/13

Romain Grosjean, Tukang Onar atau Juara yang Tertunda?


Romain Grosjean. Pasti semua fans F1 tau siapa dia, walaupun dia baru kenal F1 di 2012 sekalipun. Ya, di adalah aktor dibalik kecelakaan beruntun di GP Belgia kemarin yang menghancurkan 4 mobil sekaligus. Kalo ga salah ya.... hehehehe

Sejak itu, banyak yang meragukan kemampuan Grosjean sebenarnya. Apa dia cuma tukang onar yang bisanya cuma bikin insiden crash, atau dia adalah driver berbakat hanya saja belum terlihat?


Well, ayo kita liat headernya Romain Grosjean di Wikipedia :

"Romain Grosjean (French pronunciation: ​[ʁomɛ̃ gʁoʒɑ̃]; born 17 April 1986) is a racing driver for the Lotus F1 Team. He races under the French flag in Formula One although he has lived his entire life in Switzerland. He was the 2007 Formula Three Euroseries drivers' champion and the inaugural GP2 Asia Series champion and first drove in Formula One in 2009. He is the 2011 GP2 Asia Series and GP2 Series champion and is the first – and as of April 2012, only – two-time GP2 Asia champion and the only driver to hold both the GP2 Asia series and main GP2 series titles simultaneously."

Oke, coba kita liat prestasinya Grosjean sebelum masuk F1,
- 2007 Formula Three Euroseries Drivers' champion
- 2008 GP2 Asia Series Champion
- 2011 GP2 Asia Series Champion
- 2011 GP2 Series Champion
- Satu-satunya driver yang 2x juara GP2 Asia
- Satu-satunya driver yang juara GP2 Asia & GP2 Series secara bersamaan.

Sekarang, kita lihat statistik Grosjean di F1 2012,
GP Australia (Retired)
GP Malaysia (Retired)
GP China (6th)
GP Bahrain (3th)
GP Spanyol (4th)
GP Monako (Retired)
GP Kanada (2th)
GP Eropa (Retired)
GP Inggris (6th)
GP Jerman (18th)
GP Hungaria (3th)
GP Belgia (Retired)
GP Italia (kena ban dari FIA gara-gara crash di Spa)
GP Singapura (7th)
GP Jepang (19th)
GP Korea (7th)
GP India (9th)
GP Abu Dhabi (Retired)
GP Amerika Serikat (7th)
GP Brazil (Retired)

Oke, ada berapa kali retired? 7 kali. Berapa kali finish tapi no point? 2 kali. Berapa kali finish di posisi point? 7 kali. Berapa kali podium? 3 kali.

IMO, Grosjean ini sebenernya potensial buat jadi title contender. Cuma, kayanya dia harus agak sabar dikit jangan langsung ngotot di lap-lap pertama, terutama untuk menghindari first lap incident. Apalagi, didukung dengan mobil Lotus yang di 2012 lalu menjadi mobil tercepat ke-3 di grid. Team-matenya sekarang, Kimi Raikkonen juga bukan tipe yang gampang diajak buat ikut team-order, jadi otomatis aroma persaingan juga akan makin kental di paddock Lotus. Semoga aja, prediksi ini ga di-PHP-in sama si Grosjean, sakit tau.

Nah, itu pendapat gue soal Romain Grosjean, salah satu pembalap paling kontroversial di F1 2012. Nih, gue ada video pas massive pile-up di Spa 2012 kemaren.


Yang keliatan dari sini, Grosjean terlihat mengambil racing line-nya Hamilton saat masuk menuju La Source. Hamilton terlihat kaget, akhirnya front wing Hamilton seperti tersangkut di rear wing Grosjean. Alhasil, Hamilton & Grosjean kehilangan kendali dan menyeruduk duo Sauber dan Alonso. Grosjean pertama menghantam rear wing dari Perez lalu mobilnya melayang menghantam mobil Alonso, hanya beberapa inci dari kepala Alonso. Hamilton lalu bersama Alonso, bertabrakan dengan Kobayashi yang kebetulan ada di outside line di La Source. Perez yang kehilangan rear wing menyenggol Maldonado, dan membuat Maldonado tergelincir. Kobayashi yang start dari front row, akhirnya harus masuk pit setelah accident, dan keluar di posisi terakhir.

Grosjean hanya terburu-buru disini. Hamilton tidak punya pilihan karena terjepit diantara Grosjean & pitwall. Kobayashi memang belum ditakdirkan untuk podium di sini. Alonso selamat hanya beberapa inci dari maut.

Racing incident itu emang ga ketauan kapan datengnya. Cuma luck yang bisa menyelamatkan mereka disini.

No comments:

Post a Comment

Ehm, sudah tahu aturan komentar yang baik dan benar kan?