11/3/13

Panduan Rute untuk Fortune Cookie yang Mencinta Handshake Festival

Well, JOT baru saja merilis berita terbaru soal "Fortune Cookie in Love Handshake Event" dan "Heavy Rotation General Handshake Event". Ternyata JOT memutuskan untuk melakukannya di hari yang sama, tanggal 10 November. Selain handshake event, JOT akan mengadakan mini live performance, live report bersama member JKT48, dan akan ada beberapa booth sponsor yang meramaikan acara kali ini. Event ini akan diadakan dengan nama "JKT48 Handshake Festival". Info lebih lanjut bisa kalian baca disini.

Mungkin karena luas venue sebelumnya tidak mencukupi untuk event dengan ukuran yang lumayan masif ini, maka event ini akan diadakan di Epicentrum Walk atau sering disebut EpiWalk. Untuk yang belum tahu, EpiWalk terletak di kawasan Kuningan, tidak jauh dari GOR Sumantri dan Pasar Festival. Karena sebelumnya handshake event JKT48 di Jakarta hanya diadakan di fX Sudirman, mungkin akan ada beberapa fans yang kebingungan bagaimana cara mencapai EpiWalk. EpiWalk sendiri terletak dekat dengan halte TransJakarta koridor 6, yaitu GOR Sumantri.
Berikut adalah beberapa panduan bagaimana cara mencapai EpiWalk dengan menggunakan TransJakarta dari beberapa titik masuk ke Jakarta dan beberapa point of interest di Jakarta.

Sebenernya intinya, cuma ada 4 rute angkutan umum yang lewat Epicentrum Walk:
1. Transjakarta kor 6: [Ragunan-Dukuh Atas 2] rute lengkapnya bisa dilihat di peta rute BRT dibawah.
2. Kopaja 20 / Kopaja AC 20 [Lebak Bulus-Senen] lewat: Cilandak, Deptan, Mampang, Kuningan, Menteng, Gondangdia, Tugu Tani, Gambir.
3. Kopaja 66 [Blok M-Manggarai] lewat: Senayan, Semanggi, Kuningan, Pasar Rumput.
4. Kopaja 620 [Blok M-Pasar Rumput] lewat: Tendean, Mampang, Kuningan, Latuharhari.


- fX Sudirman
Daripada naik traja yang kadang ngeselin, kalian bisa naik Kopaja 66 dari depan fX, lalu langsung turun di depan Festival (istilah Pasar Festival untuk kalangan kondektur). Tarifnya Rp 3.000,-.

- Terminal Blok M
Yang akan berangkat dari Blok M, kalian bisa naik Kopaja 620 dan turun langsung di depan Pasar Festival. Tarifnya sama dengan Kopaja 66, yaitu Rp 3.000,-.

- Terminal Lebak Bulus
Dari sini, saya tidak menyarankan untuk naik TransJakarta karena akan memutar sangat jauh. Anda bisa memilih antara Kopaja P20 atau P20 AC. Untuk P20 AC, Anda bisa langsung turun di halte GOR Soemantri/Festival tanpa perlu transit.

- Terminal Pinang Ranti
Masuk ke halte Pinang Ranti, naik bus arah Pluit, turun di halte Kuningan Barat. Menyeberang melalui skywalk ke Kuningan Timur, lalu cari antrean arah Dukuh Atas, turun di halte GOR Soemantri.

- Terminal Pulogadung
Masuk ke halte Pulogadung/Rawamangun, naik bus ke arah Dukuh Atas (cari bus warna silver dengan 2 pintu, jangan naik bus dengan 1 pintu.). Di Dukuh Atas, cari antrean arah Ragunan, setelah itu turun di halte GOR Soemantri.

- Terminal Kalideres
Dari halte Kalideres, cari bus tujuan Harmoni. Transit di Harmoni, cari antrean ke arah Blok M, lalu transit lagi di halte Dukuh Atas. Melalui skywalk, silakan menyeberang ke halte Dukuh Atas 2, cari antrean ke arah Ragunan, turun di halte GOR Soemantri.

- Terminal Kampung Rambutan
Dari Kp Rambutan, naik bus arah Kp. Melayu, lalu transit di halte BNN. Dari BNN, naik bus arah Pluit/Grogol, lalu turun di halte Kuningan Barat. Menyeberang via skywalk ke Kuningan Timur, cari antrean arah Dukuh Atas, turun di halte GOR Soemantri.

- Terminal Kampung Melayu
Dari Kp. Melayu, naik bus arah Kp. Rambutan, lalu turun di BNN. Menyeberang ke sisi satunya, lalu naik bus arah Pluit/Grogol, lalu turun di halte Kuningan Barat. Menyeberang via skywalk ke Kuningan Timur, cari antrean arah Dukuh Atas, turun di halte GOR Soemantri.

- Terminal Tanjung Priuk
Dari Tj. Priuk, naik bus arah PGC, lalu turun di halte Pramuka BPKP. Menyeberang, lalu cari antrean ke Dukuh Atas. Di Dukuh Atas, cari antrean arah Ragunan, turun di halte GOR Soemantri. 

- Bandara Soekarno-Hatta
Bisa naik taksi langsung ke EpiWalk atau DAMRI ke Stasiun Gambir. Dari Gambir, kalian bisa memilih naik Kopaja P20 AC atau P20 reguler. Keluar lewat pintu selatan (arah halte busway Gambir 2), lalu nyebrang jembatan penyebrangan ke depan Galeri Nasional, tunggu Kopajanya dari depan Galeri Nasional. Tarif Kopaja 20 reguler Rp 3.000, kalo yang AC Rp5.000, turunnya sama di Festival/GOR Sumantri.

- Stasiun Senen
Dari Terminal Senen, bisa pilih naik Kopaja P20 atau P20 AC. Keduanya bisa turun langsung di Pasar Festival/halte GOR Soemantri. Tarif Kopaja 20 reguler Rp 3.000, kalo yang AC Rp5.000,-.

- Stasiun Gambir
Dari Gambir, kalian bisa memilih naik Kopaja P20 AC atau P20 reguler. Keluar lewat pintu selatan (arah halte busway Gambir 2), lalu nyebrang jembatan penyebrangan ke depan Galeri Nasional, tunggu Kopajanya dari depan Galeri Nasional. Tarif Kopaja 20 reguler Rp 3.000, kalo yang AC Rp5.000, turunnya sama di Festival/GOR Sumantri.

- Stasiun Sudirman
Untuk para fans yang menggunakan KRL Commuter Line, bisa turun di stasiun Sudirman. Dari stasiun Sudirman ada dua pilihan. Pertama, keluar lewat pintu Sudirman (platform atas, lantai dua, sisi barat), jalan kaki 300 m ke arah selatan (menuju Senayan), lalu masuk halte busway Dukuh Atas 2 (tarif Rp3.500). Antri di pintu sebelah kanan paling ujung untuk naik kor 6 arah Ragunan, turun di GOR Sumantri. Kedua, keluar lewat pintu Kendal (platform bawah, lantai satu, sisi utara), jalan kaki 500 m ke arah timur (menuju Latuharhari) melewati kolong flyover dan naik tangga kecil di sisi timur flyover. Dari sini tinggal tunggu Kopaja 20 atau Kopaja 620 lewat, langsung turun di Festival, tarifnya Rp3.000,-. 

- Ciputat
Dari Ciputat, Anda bisa menggunakan layanan APTB Ciputat - Kota dari Bianglala Metropolitan. Bus ini akan melalui Terminal Ciputat - Dewi Sartika - Ir. H. Juanda - Ciputat Raya - TB Simatupang - Metro Pondok Indah - Margaguna - Radio Dalam - Kramat Pela - Panglima Polim - Sisingamangaraja, lalu masuk ke jalur koridor 1. Silakan turun di Dukuh Atas, lalu menyambung TransJakarta ke arah Ragunan, turun di halte GOR Soemantri. Bus ini tersedia dari pukul 05:00 - 21:00.

- Bekasi
Dari Bekasi, kalian bisa naik APTB milik Mayasari Bakti atau PPD dari Bekasi Barat maupun Bekasi Timur. Mayasari Bakti menyediakan APTB 07, yang melayani Bekasi Barat atau Bekasi Timur menuju Tanah Abang, silakan turun di halte Kuningan Barat, lalu lanjutkan dengan bus arah Ragunan, turun di halte GOR Soemantri. PPD menyediakan APTB dari Mega Bekasi atau Bekasi Timur menuju Bundaran HI, silakan turun di halte Kuningan Barat, lalu lanjutkan dengan bus arah Dukuh Atas, lalu turun di halte GOR Soemantri. Bus ini tersedia dari pukul 05:30 - 19:00.

- Bogor
Di hari kerja, sebenernya ada APTB yang langsung turun di halte Kuningan Barat. Tapi, karena ini hari Minggu, jadi dari Terminal Bubulak, kalian bisa menaiki APTB Sinar Jaya tujuan Rawamangun. Selanjutnya, nanti turun di halte UKI, lalu lanjutkan dengan bus arah , turun di halte GOR Soemantri. Bus ini tersedia dari pukul 05:00 - 20:00.

- Cibinong
Mayasari Bakti menyediakan layanan APTB 05 dengan rute Cibinong - Grogol. Kalian bisa naik bus ini, lalu turun di halte Kuningan Barat, lalu lanjutkan dengan bus arah Dukuh Atas, turun di halte GOR Soemantri. Bus ini tersedia dari pukul 04:30 - 20:30.

- Cileungsi
Mayasari Bakti juga menyediakan APTB 10 dengan rute Cileungsi - Blok M. Kalian bisa naik bus ini, lalu turun di halte Kuningan Barat, lalu lanjutkan dengan bus arah Dukuh Atas, turun di halte GOR Soemantri. Bus ini tersedia dari pukul 05:00 - 18:45.

Tarif TransJakarta/APTB/Kopaja AC
- Bus TransJakarta : Rp 3.500,-
- APTB Ciputat - Kota : Rp 8.000,-
- APTB Cibinong - Grogol : Rp 12.000,-
- APTB Bekasi (Barat/Timur) - Tanah Abang : Rp 9.000,-
- APTB Mega Bekasi/Bekasi Timur - Bundaran HI : Rp 8.000,-
- APTB Bogor (Bubulak) - Rawamangun : Rp 14.000,-
- APTB Cileungsi - Blok M : Rp 12.000,-
- Kopaja AC (S13, P20, S602) : Rp 5.000,-
- Kopaja reguler (S66, S620, P20) : Rp 3.000,-

Dibawah ini, saya lampirkan peta jaringan TransJakarta Busway beserta APTB dan Kopaja AC, untuk yang ingin mencari rute sendiri.

Update: Agustus 2013. Ada beberapa hal yang belum sempat di-update, khususnya di bagian APTB.
Dari halte GOR Soemantri, silakan ikuti langkah berikut untuk sampai ke EpiWalk:
- Keluar dari halte. Pastikan anda berada di sisi jalan yang sama dengan  Plaza Festival dan Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC).
- Berjalanlah menuju jalan yang ada di antara Plaza Festival dan RS MMC (Jalannya berwarna kuning merah, tidak akan salah).
- Ikuti jalan sampai ke bundaran, lalu di bundaran tersebut belok kiri.
- Epicentrum Walk akan berada di sebelah kiri anda. Tepatnya setelah gedung Bakrie Tower.

Kurang lebih, rutenya seperti ini...
Dan... Teman saya, Wibo, menawarkan alternatif rute ke EpiWalk yang lumayan mempersingkat waktu.
- Pastikan anda berada di sisi jalan yang sama dengan  Plaza Festival dan Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC).
- Berjalanlah menuju jalan yang ada di antara Plaza Festival dan RS MMC (Jalannya berwarna kuning merah, tidak akan salah).
- Sekitar 300 m, di pertigaan jalan sebelum Bakrie Tower, jangan lurus ke arah bunderan, tapi belok kiri masuk ke arah Otel Lobby.
- Dari situ, kita bisa langsung masuk ke area handshake tanpa harus muterin Bakrie Tower dan pintu depan Epicentrum.

Kalau kalian ragu, jangan malu atau takut untuk bertanya kepada security ataupun petugas di sekitar kalian. Malu bertanya sesat di jalan, lho ;)

Untuk pertanyaan lebih lanjut, kalian juga bisa bertanya ke akun pribadi saya di @KacaLuthfi, ataupun ke akun publik @NaikUmum atau @infobusway. Feel free to ask anything ;)

P.S.
Mungkin ada beberapa dari Anda yang ingin mencari akomodasi/penginapan di sekitar tempat tersebut, kalian bisa menghubungi wholesaler hotel untuk mendapatkan harga yang kompetitif. Kalian bisa menghubungi:
- Raja Kamar di rajakamar.com atau 021 - 5000 12
- Kaha Hotel Reservation di goindonesia.com atau 021 - 2929 5700
- MG Holiday di 021 - 2922 3933

Sampai ketemu di JKT48 Handshake Festival! ^_^

Latest Update: 8 Nov 2013. Thanks to Wibo for corrected and added another important information for this article! ^_^

12 comments:

  1. Wah lengkap bener Ca petunjuknya... Boleh kan gw tambahin & ada yang mau diralat dikit... :)

    Sebenernya intinya, cuma ada 4 rute angkutan umum yang lewat Epicentrum Walk:
    1. Transjakarta kor 6: [Ragunan-Dukuh Atas 2] rute lengkapnya bisa dilihat di peta rute BRT diatas.
    2. Kopaja 20 / Kopaja AC 20 [Lebak Bulus-Senen] lewat: Cilandak, Deptan, Mampang, Kuningan, Menteng, Gondangdia, Tugu Tani, Gambir.
    3. Kopaja 66 [Blok M-Manggarai] lewat: Senayan, Semanggi, Kuningan, Pasar Rumput.
    4. Kopaja 620 [Blok M-Pasar Rumput] lewat: Tendean, Mampang, Kuningan, Latuharhari.

    Bagi yang naik traja atau Kopaja AC 20, turun di halte busway GOR Sumantri. Bagi yang naik Kopaja reguler 20/66/620, turun di Festival (Plaza Festival). FYI, kondektur Kopaja AC 20 juga lebih sering menyebut halte busway GOR Sumantri ini dengan sebutan Festival, jadi jangan kaget ya...

    Untuk yang berangkat dari FX, saran saya mendingan langsung naik Kopaja 66 dari depan FX, dan langsung turun di Festival. Tarif cuma Rp3.000, gak pake repot-repot transit lagi, langsung sampai tujuan.

    Untuk yang berangkat dari Blok M, saran saya mendingan langsung naik Kopaja 620, turunnya sama di Festival. Rutenya jauh lebih pendek dan lebih cepat dibanding naik traja, tarifnya sama Rp3.000.

    Untuk para fans luar Jabodetabek yang datang dengan kereta melalui stasiun Senen/Gambir, mendingan langsung naik Kopaja 20/Kopaja AC 20, jangan naik traja karena rutenya muter jauh. Yang turun di Senen, naik Kopajanya dari terminal bis Senen. Yang turun di Gambir, keluar lewat pintu selatan (arah halte busway Gambir 2), lalu nyebrang jembatan penyebrangan ke depan Galeri Nasional, tunggu Kopajanya dari depan Galeri Nasional. Tarif Kopaja 20 reguler Rp3.000, kalo yang AC Rp5.000, turunnya sama di Festival/GOR Sumantri.

    Untuk para fans luar Jabodetabek yang datang dengan pesawat melalui bandara Soekarno-Hatta, mendingan naik bis Damri tujuan Gambir. Kenapa? Pertama, jadwal Damri ke Gambir JAUH lebih banyak dibanding Damri ke Blok M. Kedua, dari Gambir tinggal naik Kopaja 20 bisa langsung turun depan Plaza Festival, sedangkan kalo dari Blok M harus nyebrang jembatan dulu. Tarif bis Damri ke Gambir yaitu Rp30.000, panduan rute Gambir-Festival bisa dilihat di paragraf di atas paragraf ini.

    Terakhir, untuk para fans yang menggunakan KRL Commuter Line, bisa turun di stasiun Sudirman. Dari stasiun Sudirman ada dua pilihan. Pertama, keluar lewat pintu Sudirman (platform atas, lantai dua, sisi barat), jalan kaki 300 m ke arah selatan (menuju Senayan), lalu masuk halte busway Dukuh Atas 2 (tarif Rp3.500). Antri di pintu sebelah kanan paling ujung untuk naik kor 6 arah Ragunan, turun di GOR Sumantri. Kedua, keluar lewat pintu Kendal (platform bawah, lantai satu, sisi utara), jalan kaki 500 m ke arah timur (menuju Latuharhari) melewati kolong flyover dan naik tangga kecil di sisi timur flyover. Dari sini tinggal tunggu Kopaja 20 atau Kopaja 620 lewat, langsung turun di Festival, tarifnya Rp3.000.

    ReplyDelete
  2. Lalu, ada hal-hal yang mau saya ralat mengenai informasi yang belum update di peta BRT saya. Peta tersebut terakhir diupdate Agustus 2013, maaf banget saya belum sempat update lagi versi terbarunya... Berikut hal-hal yang belum diupdate, yang bikin Kaca salah tulis info di blog ini:

    1. APTB Bubulak-Blok M TIDAK BEROPERASI di hari Minggu. Bagi yang ingin naik APTB dari Bubulak, Cimanggu, Bellanova, dan sekitarnya, bisa naik APTB Bubulak-Rawamangun. Transit di UKI, naik kor 9 arah Pluit/Grogol turun di Kuningan Barat, nyebrang ke Kuningan Timur, baru naik kor 6 arah Dukuh Atas turun di GOR Sumantri.

    2. Tarif APTB Bubulak-Blok M sekarang sama dengan APTB Bubulak-Rawamangun, yaitu Rp14.000. Gak ngaruh sih, karena rute Bubulak-Blok M gak beroperasi di hari Minggu, saya cuma mau ralat aja, hehe... :)

    3. Jam operasional APTB Cileungsi-Blok M adalah jam 05:00-18:45.

    Yang terakhir (beneran ini terakhir, hehe), saya mau ralat dikit cara jalan kaki yang lebih efektif dari Plaza Festival ke Epicentrum Walk. Ikuti petunjuk di petanya Kaca, nyebrang ke depan RS MMC, jalan ke arah timur melewati tukang ojek dan pos keamanan. Sekitar 300 m, di pertigaan jalan sebelum Bakrie Tower, jangan lurus ke arah bunderan, tapi belok kiri masuk ke arah Otel Lobby. Dari sini kita bisa langsung masuk ke area handshake tanpa harus muterin Bakrie Tower dan pintu depan Epicentrum.

    Oke, itu tambahan dari saya. Terima kasih banget yaa buat Kaca atas petunjuk rutenya, sampai jumpa hari Minggu! ^_^

    ReplyDelete
  3. gan... rute tangerang plz... :)

    soalnya ane gak tau rutenya :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaca, gw izin jawab ini ya... :)

      Kalo berangkat dari Terminal Cimone, naik AJA P AC 138 atau PPD 45 arah Blok M, turun di Polda/Komdak/Bursa Efek. Kalo berangkat dari Terminal Poris Plawad, naik Mayasari AC 34 arah Blok M, turunnya sama di Polda/Komdak/Bursa Efek. Lalu, nyebrang jembatan penyeberangan halte busway Polda ke depan lapangan golf, nyambung naik Kopaja 66 turun di Festival.

      Kalo naik KRL dari stasiun Tangerang, beli tiket tujuan Sudirman. Dari Tangerang transit di Duri, lalu naik KRL arah Bogor/Depok/Manggarai turun di Sudirman. Dari Sudirman, tinggal ikuti cara yang saya tulis di atas, saya sih lebih suka menggunakan pilihan ke-2.

      Semoga membantu ya...

      Delete
  4. Tangerang-nya dari mana dulu nih? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi saya nanya ke @NaikUmum, bisa naik bus Primajasa dulu ke Kebon Jeruk, terus oper Mayasari Bakti AC34 di Semanggi, terus naik lagi Kopaja S66, turun di GOR Soemantri atau Festival :)

      Delete
  5. nah...
    pulangnya naik apa? -,-
    dari epiwalk ke Bekasi timur '-')/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal dibalik, dari halte GOR Sumantri naik bus arah Ragunan, trus turun di Kuningan Timur, nyebrang, terus tunggu APTB arah Bekasi Timur :)

      Delete
    2. WAH...^^
      saya mau nanya lagi nih...
      dari PASAR FESTIVAL kita kemana lagi? ('' ^,^)9

      Delete
    3. Lah, itu kan udah saya tulis diatas :|
      - Pastikan anda berada di sisi jalan yang sama dengan Plaza Festival dan Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC).
      - Berjalanlah menuju jalan yang ada di antara Plaza Festival dan RS MMC (Jalannya berwarna kuning merah, tidak akan salah).
      - Sekitar 300 m, di pertigaan jalan sebelum Bakrie Tower, jangan lurus ke arah bunderan, tapi belok kiri masuk ke arah Otel Lobby.
      - Dari situ, kita bisa langsung masuk ke area handshake tanpa harus muterin Bakrie Tower dan pintu depan Epicentrum.

      Delete
  6. agak kurang ngerti juga kalo dari stasiun sudriman tapi perasaan deket jalan juga bisa tetapi masih blm tau kalo jalan rute nya -_-

    ReplyDelete

Ehm, sudah tahu aturan komentar yang baik dan benar kan?